Rabu, 28 Juni 2021 Menjadi capaian yang menggembirakan bagi Pengadilan Agama Sintang dimana kembali berhasil menyelesaikan perkara mediasi . Dan juga menjadi prestasi tersendiri bagi Hakim Mediator.

Setelah beberapa hari yang lalu sang mediator ulung Pengadilan Agama Sintang berhasil melakukan mediasi dalam perkara Hak asuh anak, kini ia kembali unjuk kemampuannya Berada diruang mediasi Pengadilan Agama Sintang telah dilakukan proses mediasi yang dilakukan oleh hakim mediator  Ronni Rahmani,S.H.I.,M.H. dalam perkara  Cerai Gugat. Sang mediator ulung PA Sintang ini kembali mengeluarkan jurus jitunya dalam melaksanakan tugas dengan menaklukan hati para pihak, sehingga perkara yang ia mediasi menjadi berhasil.

 

Mediator mengupayakan perdamaian dari kedua belah pihak dengan memberikan nasihat dan pandangan terkait bagaimana pentingnya menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga serta akibat yang timbul terhadap anak-anak jika terjadi perceraian.

Atas nasehat itu penggugat tersentuh hatinya dan mau mencabut perkaranya serta mau membina rumah tangganya kembali dengan tergugat dan  akan membicarakan komitmen bersama tentang rumah tangga mereka kedepannya secara musyawarah.

Gambar: Hakim Mediator (kopyah) Bersama Para Pihak yang berdamai

 

Hakim mediator juga menegaskan bahwa berhasil tidaknya tergantung para pihak. Mediator hanya membantu mencari inti permasalahan, untuk kemudian memfasilitasi dalam mengkomunikasikan permasalahan tersebut. Sebagai penengah tentu juru damai ini harus bersifat netral, tidak boleh memihak, apalagi memaksa. Kesepakatan sepenuhnya dibuat oleh mereka. (Rizky)