PA. Sintang Sukses Laksanakan Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Untuk Ketiga Kalinya

NEWS UPDATE

PA. Sintang Sukses Laksanakan Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Untuk Ketiga Kalinya

PA. Sintang Sukses Laksanakan Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Untuk Ketiga Kalinya
Majelis Hakim saat melakukan Kegiatan persidangan dalam Pelayanan Terpadu Sidang Keliling di Kabupaten Melawi.

Website Resmi | Pengadilan Agama Sintang, 

Setelah melalui tahapan-tahapan mulai  dari proses perencanaan hingga pelaksanaan, Pengadilan Agama Sintang sukses mengadakan Pelayanan Terpadu Sidang Keliling di Kabupaten Melawi. Tercatat Pengadilan Agama Sintang telah melaksanakan kegiatan tersebut sebanyak tiga kali yaitu pada tahun 2015, 2016 dan tahun 2018 di lokasi yang sama, Kabupaten Melawi dengan bekerja sama dengan lembaga koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Melawi, KEMENAG kab. Melawi dan DISDUKCAPIL Kab. Melawi.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Sintang, Yusri, S.Ag saat memberikan Kata Sambutan

Dalam kata sambutannya Wakil Ketua Pengadilan Agama Sintang, Yusri, S.Ag menyatakan kegiatan Pelayanan Terpadu Sidang Keliling merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat untuk memperoleh perlindungan dan kepastian hukum dalam administrasi indentitas hukum yang meliputi Penetapan itsbat nikah, buku Nikah dan Akta kelahiran anak. Menutup kata sambutan, Yusri, S.Ag mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dengan lembaga koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) sehingga kegiatan Sidang Itsbat terpadu dapat berjalan dengan lancar.

Kabupaten Melawi merupakan satu diantara Kabupaten yang akan memilki Pengadilan Agama sesuai dengan KEPRES Nomor 15 Tahun 2016 tanggal 26 April 2016 tentang Pembentukan Pengadilan Agama baru. Belum beroperasionalnya Pengadilan Agama Nanga Pinoh sehingga wilayah Kabupaten Melawi merupakan  bagian yuridiksi Pengadilan Agama Sintang semenjak dimekarkan dari wilayah Kabupaten Sintang dan menjadi Kabupaten sendiri pada tahun 2006.

Foto bersama, Tim  Pengadilan Agama Sintang, LKKS dan para Pemohon  

Kegiatan  dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi yang terletak di jalan Propinsi Kota Baru Nanga Pinoh. Persidangan dimulai pukul 09.00 WIB dengan  dengan jumlah permohonan Itsbat nikah sebanyak 27 perkara. Sesuai dengan  PERMA Nomor 1 Tahun 2015   tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling, Proses pemeriksaan perkara  dalam persidangan dilaksanakan dengan Hakim Tunggal di bantu seorang Panitera/Panitera Pengganti.  Dalam Pelaksanaannya, Ketua Pengadilan Agama Sintang menunjuk  4 Hakim Tunggal yaitu Yusri, S.Ag, Muhammad Rais, S.Ag.,M.S.I, Ludiansyah, S.H.I.,M.S.i dan Miftah Ulhaq Thaha Murad, S.H.I.,M.H dengan didampingi masing-masing Panitera Pengganti, M. Syaiful Al Fajar, SH.I, Amin Sodik, SH.I, Karli Hidayat, SH.I, Reny Rosanti, SE.I dan Nofiansyah, SH serta tenaga Administrasi Munadi, SH.I.,SH, , Robeth Amarullah, SH.I dan Danang Rismanto, S.KOM.

Persidangan selesai hingga pukul 16.30 WIB, Menurut M. Syaiful Al Fajar, SH. Sebanyak 27 Permohonan  Itsbat nikah di Kabulkan.  Pria yang dipercayakan sebagai ketua tim Pelaksana ini menyatakan kegiatan persidangan berlangsung tertib tanpa hambatan. Pria kelahiran Pontianak kelahiran tahun 1966 ini berharap kegiatan Pelayanan Terpadu Sidang Keliling dapat dilaksanakan setiap tahunnya untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam memenuhi tertib admnistrasi indentitas hukum. (Jamil)

Syukuran Menyambut Ramadhan

Sidang Keliling di Kabupaten Melawi

Sosialisasi BPJS

Rapat Koordinasi TIM IT

Pembinaan dan Pengawasan Oleh Ketua PTA Pontianak

0 Komentar

Tulis Komentar