PA. Sintang laksanakan Upacara Bendera Peringatan hari lahir Pancasila

NEWS UPDATE

PA. Sintang laksanakan Upacara Bendera Peringatan hari lahir Pancasila

PA. Sintang laksanakan Upacara Bendera Peringatan hari lahir Pancasila
Wakil Ketua Pengadilan Agama Sintang, Yusria,S.Ag bertindak sebagai pembina upacara

Website Resmi | Pengadilan Agama Sintang,

Pancasila adalah Ideologi dasar bagi Negara Indonesia, nama ini terdiri dari dua suku kata Bahasa sansekerta  antara lain; Panca yang berarti lima dan Sila berarti Prinsip atau asas, Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

          Pancasila terdiri dari dari lima sila yang semuanya telah mencakup nilai- nilai luhur bangsa Indonesia berupa ketuhanan, kemanusian, persatuan, kerakyatan dan keadilan, nilai nilai tersebut melekat serta dipraktekan dalam kegiatan sehari hari oleh segenap rakyat Indonesia.

          Lahirnya Pancasila adalah judul pidato presien Soekarno di hadapan “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia” (BPUPKI) pada tanggal 1 juni 1945, Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan pertama kali oleh presiden Soekarno sebagai dasar Negara Indonesia Merdeka maka disepakati bahwa setiap tanggal 1 juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila.

          Pengadilan Agama Sintang berdasarkan surat Sekertaris mahkamah agung Nomor 318/SEK/KS.00/05/2018 yang berisi tindak lanjut atas surat mentri sekertaris Negara RI berisi tentang instruksi pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018, mengadakan kegiatan upacara bendera di halaman Pengadilan Agama Sintang dengan tema “Bersatu Berbagi dan Berprestasi.

          Upacara bendera yang diikuti seluruh pegawai pengadilan Agama Sintang baik Hakim, PNS , Cakim dan honorer, kekhawatiran sempat muncul karena cuaca sedikit mendung namun tidak menghalangi petugas Upacara untuk menjalankan tugasnya, bertugas sebagai Pembina upacara adalah Bapak Yusri, S.Ag. yang sehari harinya menjabat sebagai wakil ketua Pengadilan Agama Sintang, tugas komandan upacara diamanatkan kepada Sodara Robeth Amrullah, S.H. cakim asal Madiun Jawa timur yang secara sukses melaksanakan tugasnya.

           Upacara diawali laporan komandan upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara siap dilaksakan, kemudian Pengibaran bendera merah putih yang pada kesempatan upacara pada hari ini diberikan kepada Sodara Solihul Huda Ali, S.H.I, M.Chusnul Huda, S.H.I, dan Angga Poerwandiantoko S.H. masing masing cakim berasal dari Semarang , Grobogan dan Surabaya, acara selanjutnya pembacaan teks pancasila oleh Pembina upacara diikuti oleh peserta upacara kemudian pembacaan teks pembukaan Undang- Undang dasar Negara tahun 1945 oleh bapak Munadi S.Ag., S.H.I.

          Masuk kepada Amanat Pembina Upacara  Bapak Yusri, S.Ag, menyampaikan sambutan presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan hari lahir pancasila yang secara garis besar amanat berisi tentang ajakan Presiden Indonesia bapak Ir.H. Joko widodo untuk mempererat persatuan mengingat Indonesia adalah Negara yang majemuk yang terdiri dari 714 suku dengan 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, kemudian presiden juga mengingatkan agar memperkuat etos peeduli dan berbagi dan memanfaatkan momentum bulan suci ramadhan untuk terus meningkatkan semngat gotong royong yang merupakan sumber energy besar Indonesia untuk menggapai keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia, presiden juga mengingatkan untuk terus meningkatkan semngat  berprestasi dalam kehidupan sehari hari, terakhir presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian, dimana dengan semangat bersatu berbagi dan berprestasi tersebut akan meneguhkan derap langkah kaki kita membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan jaya.

          Dengan selesainya Amanat Pembina upacara maka kegiatan Upacara memperingati hari lahir pancasila telah sampai di penghujung acara, ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Bapak Amin Sodik, S.H.I., maka berakhirlah kegiatan upacara peringatan hari lahir pancasila yang ke 73 pada tahun 2018, Selamat Hari Lahir Pancasila!!!.(Angga Poerwandian/cakim)

 

 

Syukuran Menyambut Ramadhan

Sidang Keliling di Kabupaten Melawi

Sosialisasi BPJS

Rapat Koordinasi TIM IT

Pembinaan dan Pengawasan Oleh Ketua PTA Pontianak

2 Komentar

  1. Gejala Awal Animea
    Gejala Awal Animea
    05 Juni 2018 - 10:05:11 WIB
  1. Penyebab Stroke Ringan
    Penyebab Stroke Ringan
    05 Juni 2018 - 14:47:44 WIB
Tulis Komentar