Ketua PA Sintang Ikuti Deklarasi Tolak dan Lawan Terorisme yang diselenggarakan di Kabupaten Melawi

NEWS UPDATE

Ketua PA Sintang Ikuti Deklarasi Tolak dan Lawan Terorisme yang diselenggarakan di Kabupaten Melawi

Ketua PA Sintang  Ikuti Deklarasi Tolak dan Lawan Terorisme yang diselenggarakan di Kabupaten Melawi
Ketua Pengadila Agama Sintang, Rukayah, S.Ag bersama Bupati Melawi, DPRD Melawi, organisasi masyarakat/kegamaan, Forkompinda Kab Melawi

Website Resmi | Pengadilan Agama Sintang,

Indonesia berduka, beberapa waktu yang lalu terjadi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya Polrestabes Surabaya dan beberapa daerah di Sidoarjo, bom bunuh diri ini merupakan titik puncak dari jalan panjang pelaku dalam rangkaian ekstremisme kekerasan.

Semua elemen masyarakat dari berbagai suku, budaya, dan agama seluruh Indonesia mengutuk keras perbuatan itu, perbuatan bom bunuh diri bukanlah jihat, tapi perbuatan tak manusiawi dan hanya orang yang bermoral serta orang yang tidak beragama saja yang mampu melakukan hal seperti itu. Tidak ada satu agama dan budaya manapun yang mengajarkan tentang bunuh diri, dan pelakunya adalah orang yang tidak percaya Tuhan, yang dipercayai hanyalah gambaran semu tentang hari akhir.

Menyikapi hal tersebut, bupati Melawi Panji, S. Sos. mengajak semua elemen masyarakat mulai dari setiap ketua majlis adat yang ada di Melawi, forum kerukunan umat kabupaten Melawi, Organisasi Masyarakat yang ada di Melawi, DPRD kabupaten Melawi, Pengadilan Agama Sintang, Kejaksaan Negeri Sintang, MUI kab Melawi, Kapolres kab Melawi, dan Pemerintahan Daerah yang terdiri dari jurusan pemerintahan absolut, urusan pemerintahan konkuren, dan urusan pemerintahan daerah kabupaten Melawi untuk bersama-sama melakukan deklarasi tolak dan lawan terorisme.

Bupati mengungkapkan rasa prihatin yang sangat mendalam dengan kejadian bom bunuh diri yang terjadi pada waktu yang lalu, menurutnya semua pihak terutama warga Melawi jangan sampai terprovokasi terhadap perbuatan bom bunuh diri yang tidak manusiawi karena perbuatan itu bukanlah perbuatan seorang yang tidak punya iman dan tidak punya tuhan. Karena dengan terprovokasi kita akan mudah di adudomba yang akhirnya runtuhlah semangat membangun kebersamaan yang telah terjalin selama ini.

Bupati berharap masyarakat Indonesia khususnya warga Melawi memiliki sikap antisipatip untuk mengambil peran bersama dalam menghadapi segala sesuatu yang dapat mengancam kehidupan Bersama terhadap tumbuh dan berkembangnya semangat radikalisme. Selain itu masyarakat Melawi diharapkan mempunyai sikap keterbukaan dan berpartisipasi aktif untuk bersama-sama mengawasi kabupaten Melawi tercinta dari keadaan-keadaan yang berbahaya dan melaporkan kepada pihak-pihak yang berwajib, karena menjaga lingkungan yang kondusif dan aman adalah tanggung jawab kita Bersama.

Menurut Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin bahwa tujuan utama teroris adalah membuat terror dan memunculkan rasa takut dan kepanikan terhadap masyarakat sehingga masyrakat mudah terprovokasi terhadap berita-berita hoax yang beredar di sosmed. Menurutnya bahwa teroris tidak akan mampu menghancurkan Polri, TNI, NKRI, maka dari itu yang di incar oleh teroris adalah gunjangan mental masyarakat.

Pengadilan Agama Sintang (PA Sintang) yang secara yurisdiksi membawai dua kabupaten, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi, turut hadir dalam deklarasi itu. Ketua Pengadilan Agama Sintang Rukayah, S.Ag menyambut positif dengan adanya deklarasi tolak dan lawan terorisme. Menurut ibu dari tiga orang anak ini setidaknya ada dua manfaat yang pertama  menambah rasa kewaspadaan masyarakat terhadap aksi terorisme dan yang kedua mempererat tali silaturahmi masyarakat Melawi karena acara tersebut dihadiri berbagai unsur pemerintahan dan adat masyarakat melawi.

Selain itu acara tersebut juga membahas faktor-faktor yang mempengaruhi adanya tindakan teroris, seperti foktor Pendidikan, ekonomi, dan sikap intoleran yang tidak mau mengakui bahwa Indonesia adalah negara yang penuh dengan keragaman agama suku dan budaya. Maka dari itu ketua PA Sintang menghimbau bahwa kita harus mengedepankan sikap toleransi karena Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku agama dan budaya.

Selain itu Rukayah, S.Ag memberikan tips-tips untuk menjaga agar kondisi Melawi tetap kondusip yaitu Hati-hati dalam menggunakan sosial media dan tidak menebar berita hoax dan melakukan verifikasi Klarifikasi berita yang didapat serta menjaga kerukunan bersama. (Solihul Huda  Ali Akhmad Sidratul Muntaha)

Syukuran Menyambut Ramadhan

Sidang Keliling di Kabupaten Melawi

Sosialisasi BPJS

Rapat Koordinasi TIM IT

Pembinaan dan Pengawasan Oleh Ketua PTA Pontianak

21 Komentar

  1. herbamen obat kuat terbaik tanpa efek samping
    herbamen obat kuat terbaik tanpa efek samping
    10 Juli 2018 - 14:01:27 WIB

    terimakasih informasinya http://goo.gl/8npLz8

  1. make your penis wider
    make your penis wider
    18 Juli 2018 - 03:28:34 WIB

    Your method of describing everything in this paragraph is genuinely good, all be capable of simply know it, Thanks a lot.

  1. how to make penis
    how to make penis
    25 Juli 2018 - 01:42:45 WIB

    Saved as a favorite, I really like your web site!

  1. rules of survival hack
    rules of survival hack
    07 Agustus 2018 - 02:55:54 WIB

    Everything said was actually very logical. However, what about this?
    what if you typed a catchier title? I am not saying your content isn't solid, but suppose
    you added a post title that makes people want
    more? I mean Ketua PA Sintang Ikuti Deklarasi Tolak dan Lawan Terorisme yang diselenggarakan di Kabupaten Melawi is kinda vanilla.

    You should look at Yahoo's front page and note how they
    write post titles to get people to open the links.

    You might add a video or a related picture or two to get people excited about what you've got to
    say. In my opinion, it might bring your posts a little livelier.

  1. rules of survival hack
    rules of survival hack
    07 Agustus 2018 - 03:09:41 WIB

    It's going to be end of mine day, however before end I am
    reading this wonderful paragraph to improve my know-how.

  1. rules of survival hack
    rules of survival hack
    07 Agustus 2018 - 03:09:52 WIB

    I all the time used to read article in news papers but now as I am a
    user of net thus from now I am using net for articles or reviews,
    thanks to web.

  1. tennessee finesse shirt
    tennessee finesse shirt
    08 Agustus 2018 - 18:13:19 WIB

    We now have FREE WILL - which is all the time in play.

  1. tennessee finesse shirt
    tennessee finesse shirt
    09 Agustus 2018 - 00:11:55 WIB

    It's celebrated in honor of St. Valentine.

  1. tennessee finesse shirt
    tennessee finesse shirt
    09 Agustus 2018 - 10:32:00 WIB

    Nothing may very well be further from the reality.

  1. tennessee finesse shirt
    tennessee finesse shirt
    09 Agustus 2018 - 15:46:50 WIB

    The word spontaneously is a key understanding.

Tulis Komentar