Adakan RAT, KSP Hikmah Usung Semangat Reformasi Total Koperasi

NEWS UPDATE

Adakan RAT, KSP Hikmah Usung Semangat Reformasi Total Koperasi

  Adakan RAT, KSP Hikmah Usung Semangat Reformasi Total Koperasi

Website Resmi | Pengadilan Agama Sintang,

Koperasi Simpan Pinjam “Hikmah” cara Pengadilan Agama Sintang untuk mensejahterakan pegawainya, sesuai dengan tujuan koperasi pasal 3 undang-undang nomer 25 tahun 1992 bahwan Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kesejahteraan pegawai memang terus ditingkatkan oleh Pengadilan Agama Sintang agar pegawai mampu bekerja secara baik dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Dalam memenuhi kewajiban koperasi sesuai Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 19/Per/M.Kukm/Ix/2015 tentang penyelenggaraan rapat anggota tahunan pengurus dan pengawas koperasi simpan pinjam “Hikmah” Pengadilan Agama Sintang mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan “tema tigapuluh tahun tetap eksis melayani dan mensejahterakan anggota”, RAT dilaksanakan di aula PA Sintang yang dihadiri Pembina, Pengawas, pengurus, dan seluruh anggota koperasi, serta kelima calon hakim yang baru datang pada hari selasa kemarin juga ikut memeriahkan RAT tersebut.

RAT pada tahun ini diadakan semeriah mungkin dan berbeda dengan RAT yang sebelumnya, apresiasi ini diberikan kepada kepengurusan 2017 oleh pembina dan pengawas koperasi simpan pinjam “Hikmah” karena inovasinya berupa dorprise yang diberikan kepada seluruh anggota yang hadir pada RAT tersebut, dengan adanya dorprise ini menurut pembina koperasi simpan pinjam menjadikan penyemangat anggota dalam mengikuti RAT ini.

Wakil ketua PA. Sintang, Yusri, S.Ag menerima Door Prize

Pada kesempatan itu, pembina koperasi simpan pinjam “Hikmah” menjelaskan banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari keikutsertaan koperasi, baik dari anggota yang menabung maupun yang meminjam dikoperasi, karena memang tujuan didirikannya Koperasi untuk mensejahterakan anggota, keuntungan yang diperoleh koperasi tidak disebut laba, melainkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan dikembalikan kepada anggotanya setiap akhir tahun.

Pembina juga berharap bahwa koperasi simpan pinjam “Hikmah” PA Sintang dijalankan secara professional, akuntabel, dan tertib adminstrasi, hal itu memang dirasa perlu karena koperasi ini sudah berdiri sejak tahun 1988 dan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu dan pengelolaan koperasi secara profesioanal dan akuntabel akan menjadikan koperasi sehat dan besar sehingga anggota akan lebih terjamin kesejahteraannya.

Pada kesempatan selanjutnya ketua koperasi simpan pinjam “Hikmah” M. Jamil, S.H ingin membawa semangat revolusi total sesuai permen KUKM nomer 15 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan yang selalu digaungkan Kemenkom RI menjadi Koperasi yang sehat dan taat untuk selalu melaksanakan RAT, selanjutnya ketua berencana membawa koperasi tersebut berstandar sesuai semangat revolusi total dan menjadi koperasi percontohan.

Laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Hikmah menggunakan pola Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) yang meliputi (lihat disini) :

a)        Neraca;

b)        laporan perhitungan hasil usaha;

c)        laporan perubahan ekuitas;

d)       laporan arus kas;

e)         catatan atas laporan keuangan

Berdasarkan laporan tersebut tercatat Kekayaan bersih senilai Rp. 353.839.886 (Tiga ratus lima puluh tiga juta delapan ratus tiga puluh sembilan ribu delapan ratus delapan puluh enam rupiah) dengan keuntungan bruto sebesar  Rp    62,323,000  (enam puluh dua juta tiga ratus duapuluh tiga ribu ). (Solihul Huda/ Cpns/Cakim)

 

Syukuran Menyambut Ramadhan

Sidang Keliling di Kabupaten Melawi

Sosialisasi BPJS

Rapat Koordinasi TIM IT

Pembinaan dan Pengawasan Oleh Ketua PTA Pontianak

0 Komentar

Tulis Komentar