Sambut 5 Calon Hakim, Ini Pesan Ketua PA Sintang

NEWS UPDATE

Sambut 5 Calon Hakim, Ini Pesan Ketua PA Sintang

Sambut 5 Calon Hakim, Ini Pesan Ketua PA Sintang

Website Resmi | Pengadilan Agama Sintang,

Calon hakim sebanyak 1.585 tiba di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI pada hari selasa 20 Februari 2018 secara berangsur-angsur mulai dari pagi sampai malam hari, setelah tiba di asrama masing-masing calon hakim melakukan registrasi ulang untuk mendapatkan kamar. Pada hari Rabu dan kamis para calon hakim diberi pembekalan dengan tema ”Mempersiapkan Hakim yang Berintegritas dan Berkualitas Menuju Peradilan Indonesia yang Agung” pembekalan demi pembekalan yang diberikan oleh Presiden, Ketua Mahkamah Agung, para ahli di antaranya YM. Syarifuddin, YM. Artidjo Alkostar, YM. Sunarto, Rhenanld Kasali, serta pembekalan dari KY, Menpan, KPK, dan Ombudsman.

Pembekalan demi pembekalan telah diterima calon hakim dan selanjutnya calon hakim mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar yang tersebar di berbagai daearah di Indonesia selama 5 bulan, satu bulan di kampus dan empat bulan di satuan kerja masing-masing. Selama satu bulan di kampus calon hakim mendapatkan materi tentang nila-nilai dasar ASN, kedudukan ASN dan peran ASN dalam NKRI. Materi ini di berikan pada calon hakim agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya selalu berpegang teguh pada nilai-nilai dasar ASN, pada fase ini para calon hakim akan di tempatkan di Kesekretariatan sesuai dengan kelanjutan dari materi Pendidikan dan Pelatihan Dasar yang telah dijadwalkan oleh mahkamah agung.

Satu bulan setelah pembelajaran di kampus calon hakim di tugaskan ke satuan kerja masing-masing untuk melakukan habituasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ASN yang telah didapatkan di kampus masing-masing, salah satunya di Pengadilan Agama Sintang.

Kedatangan 5 calon hakim ini mendapatkan sambutan yang hangat dari warga Pengadilan Agama Sintang sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Mahkamah Agung sudah lama tidak melakukan rekrutmen calon hakim sehingga kedatangan mereka membawa angin segar untuk bisa membantu tugas kesekretariatan, penyambutan di mulai dari bandar udara Susilo Sintang dipimpin langsung oleh Sekretaris Pengadilan Agama Sintang bapak Hendra Tirtana, S.H.I, M.A,.

Sesampai di Kantor Pengadilan Agama Sintang para calon hakim langsung di sambut oleh ketua Pengadilan Agama Sintang Ibu Rukayah, S.Ag di ruangannya, Bersama beliau ada wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Agama Sintang. Tepat pukul jam 10.30 sesuai instruksi Ketua Pengadilan Agama Sintang, acara penyambutan dan perkenalan dilakukan secara resmi di aula pengadilan Agama Sintang yang diikuti oleh Pimpinan, Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, dan seluruh Staf Pengadilan Agama Sintang serta kelima Calon Hakim.

Dalam sambutan ketua Pengadilan Agama Sintang ibu Rukayah, S.Ag berpesan kepada calon hakim dengan adanya magang di Pengadilan Agama Sintang ini dimanfaatkan untuk belajar dengan sungguh-sungguh karena ketika menjadi pimpinan harus menguasai semua bidang baik bidang kepanitraan dan bidang kesekretariatan. Ibu ketua mempunyai harapan yang besar agar calon hakim nantinya mampu menjadi hakim yang baik. Selain ibu ketua, bapak Muhammad Rais, S.Ag, M.Si dan bapak Munadi, S.Ag, S.H.I juga berpesan kepada 5 calon hakim untuk beradaptasi dengan baik pada lingkungan pengadilan agama sintang dan lingkungan masyarakat sekitar, serta menjaga nama baik mahkamah agung.

Dengan adanya sambutan yang begitu hangat dan penuh kekeluargaan yang didapatkan oleh kelima calon hakim, mereka begitu gembira dengan sambutan dari warga Pengadilan Agama Sintang dan bersyukur menjadi bagian dari mereka. Kelima calon hakim juga berharap selama di Pengadilan Agama Sintang mendapat arahan dari berbagai pihak yang ada di Pengadilan Agama Sintang untuk belajar dengan baik dan benar. (Solihul Huda, cpns/cakim)

Syukuran Menyambut Ramadhan

Sidang Keliling di Kabupaten Melawi

Sosialisasi BPJS

Rapat Koordinasi TIM IT

Pembinaan dan Pengawasan Oleh Ketua PTA Pontianak

0 Komentar

Tulis Komentar